How to Experience Architecture

 Setelah membaca ribuan kali, tidak. Bercanda.

Tapi beneran baca berkali - kali karena berusaha memantapkan maksud dan makna yang terkandung, buku ini memang sangat bagus dalam pembahasannya.

Pada intinya bahwa arsitektur merupakan sebuah seni yang dapat dihuni dan dinikmati, berupa bangunan yang tidak hanya memikirkan atau mengutamakan keunikan atau keindahan. Bentuk dari arsitektur sendiri harus menggambarkan fungsi. 

Untuk mengapresiasi sebuah karya arsitektur sepenuhnya membutuhkan tidak hanya memahami struktur bangunan dengan mata dan pikiran, tetapi juga berinteraksi dengannya, bergerak melalui dan di sekitarnya, merasakan seperti apa hidup atau bekerja atau bertindak di dalamnya, mengikuti  jalannya, memasuki pintunya, melewati ambangnya, melewati koridornya, melihat ke luar jendelanya, dan bekerja atau bermain atau berjalan-jalan di kamarnya. 


Bagaimanapun, arsitektur terutama untuk ditempati atau dihuni, dan masuk akal bahwa arsitektur terbaik adalah arsitektur yang mewujudkan mode hidup yang ideal.  Seperti yang diklaim Pallasmaa, karya arsitektur yang signifikan “memproyeksikan gambaran penuh kehidupan”;  mereka menciptakan ruang hidup yang mencerminkan berbagai mode keberadaan di dunia: "arsitek hebat merilis gambar kehidupan ideal yang tersembunyi dalam ruang dan bentuk."



Comments

Popular posts from this blog

MENGAPA KITA PERLU HIDUP DAN HADIR DI KULIAH DKV UNINDRA?